Saturday 5 December 2015

Cara mendidik anak dengan lagu anak-anak pada saat circle time

Circle time dan bermain game anak-anak  “shapes”



cara mendidik anak agar cerdas cara anak pintar
Good Morning kids!! .......Di pagi senin ini saya datang pukul 07.30 , ternyata di sekolah masih sepi dan belum ada murid yang datang, jadi saya meluangkan waktu dulu untuk membereskan kelas tercinta kami (K-2).

Selang beberapa menit Cheesya, Sabrina dan Berwyn pun datang. saya menyapa mereka “GoodMorning kids” dan mereka pun menyapa kembali kepada saya selayaknya anak cerdas.

Mereka pun bermain bersama sebelum circle time dimulai. Tidak lama mereka bermain banyak murid-murid yang berdatangan lagi dan bermain bersama-sama, bel pun berbunyi saya dan Berwyn pun bergegas membuat barisan. Saya dan Berwyn berbaris di barisan yang kedua lalu kami pun siap untuk melakukan circle time.

Yang pimpin circle time minggu ini pun adalah Maam Intan sampai hari Jum’at nanti. Kebetulan minggu ini adalah minggu mengulang semua pelajaran, tau tidak kenapa?????? Karena senin depan kita semua akan ulangan hmmmm semangat yah kids! Kalian anak cerdas pasti bisa kok! Ganbatte~

Circle time yang diiringi dengan lagu – lagu anak tk pun telah selesai dan Maam Intan pun memilih murid yang bisa duduk rapih. Maam Intan memilih Meiko dari perwakilan Playgroup dan Toddler jadi kelas Playgroup dan Toddler baris dibelakang Meiko, Maam Intan memilih Isabel dari perwakilan Kindergarten-1 dan Maam Intan memilih Aldi dari perwakilan Kindergarten-2.

Kita pun memasuki kelas masing-masing dan kita pun siap untuk belajar sambil bermain dikelas yipiiiiiiiii…… kindergarten-2 students pun siap-siap untuk berdo’a dan do’a pun di pimpin oleh saya sendiri.

Sesudah berdo’a saya mengabsent, dengan nyanyian lagu anak  “Days of the week”, dan collect the homework. Sesudah itu baru deh kami belajar , pelajaran untuk mendidik anak pada hari senin ini adalah Math, Indonesian, Art&Craft dan Social Study.

Mulai lah anak-anak cerdas Kindergarten 2 mengulang pelajaran untuk anak Math yang sudah diajarkan dari awal sampai sekarang. Tapi kami mengulangnya dengan cara bermain game untuk anak, kami bermain game untuk anak tentang “Find the writing” nah jadi itu saya akan menyebutkan “Heart” dan anak-anak yang cerdas ini harus mencari bagaimana sih tulisan heart . Sedangkan saya sudah tempel tulisan tentang shapes itu di tembok jadi anak-anak tinggal membaca dan mencarinya hmmm so easy right? Demikianlah cara kami bermain game bahasa Inggris untuk anak tk.

Mereka pun mencarinya yang berhasil mendapatkan dengan cepat saya beri mereka 2 bintang. Banyak sekali yang mendapatkan 2 bintang.

Bermain game bahasa Inggris untuk anak tk “Arrange the words become short story”


Setelah selesai memainkan game bahasa Inggris untuk anak tk  “Find the writing” kami pun melanjutkan pelajaran selanjutnya yaitu bahasa Indonesian, kami belajar Indonesian dengan bermain game untuk anak lagi dan game untuk anak itu “Arrange the words become short story” jadi sebelumnya saya sudah siapkan kata-katanya yang sudah saya tulis di kertas dan mereka harus susun.

Pertama saya bilang “Kerumah bibi” mereka pun harus mencari tulisan yang tulisannya itu kerumah bibi. Kerumah bibi itu Suheram.

Pemainan adalah judul dari cerita itu, ternyata yang mendapatkan duluan adalah Cheesya’s group yang terdiri dari Berwyn dan ini pun sama dengan dikte cuma dikte itu ditulis dibuku tapi kita mencari hal yang berbeda. Baru sampai 1 baris eh ternyata waktu makan telah tiba hmmmm ya sudah kami pun membereskan meja kami masing-masing.

Mereka pun berbaris dibelakang Cherish untuk mencuci tangan, menu makanan untuk anak  hari ini adalah soup dan udang tepung hmmm yummy kan?? Selesai mereka mencuci tangan kami pun siap untuk berdo’a dan terutama kami pun siap untuk menyantap makanan itu.

Lalu sesudah mereka makan mereka pun siap untuk bermain bersama-sama teman-temannya, mereka pun tidak hanya bermain sama kelas K-2 saja tapi mereka pun bermain bersama semua kelas. Kebersamaan dan kekeluargaan banget kan mereka??

Bel pun berbunyi itu tandanya kita harus kembali ke kelas masing-masing dan melanjutkan pelajaran berikutnya. Tetapi Kindergarten-2 melanjutkan permainan game bahasa Inggris  yang tadi, sampai mengetahui siapa pemenangnya. Dan ternyata pemenangnya adalah Charlene’s group walaupun tadinya Charlene’s group yang belum mendapatkan score sama sekali.

Charlene’s group terdiri dari Aldi, Suheram, Justin Rochel dan Cherish. Saya pun memberi bintang kepada mereka, hebat kalian bisa langsung mengejar nilai yang sudah tertinggal!!!
Sesudah asik bermain 2 game bahasa Inggris untuk anak itu lalu kami pun melanjutkan pelajaran yaitu Art and Craft.

Kami mewarnai kue dan hadiah(kado) tahu tidak kenapa? Soalnya waktu jumat lalu kan kami sudah membuat topi ulang tahunnya dan sekarang tinggal kue dan kadonya hmmmm kelasnya jadi rame dong….

Selesai lah sudah mereka mewarnai, seharusnya kami mengulang pelajaran Social Study tapi saya ganti jadi Indonesian lagi tetapi mereka harus menyalin tulisan yang sudah saya tulis dengan rapih. Mereka tidak boleh menulis besar-besar dan keluar dari garis.

Saya beri mereka 5 soal dan memang anak cerdas ,mereka pun cepat sekali mengerjakannya tapi ada juga murid yang lama mengerjakannya. Kami mengerjakannya hanya 30 menit sesudah itu kami siap-siap untuk pulang, kami pun membereskan peralatan alat tulis dengan cepat ke dalam tas sekolah anak.

Sebelum kami pulang, kami dibiasakan untuk berdo’a terlebih dahulu lalu sesudah berdo’a kami pun membuat barisan dengan rapih.
Are you ready to go home kids??? Here we go…. See you tomorrow everyone~





No comments:

Post a Comment