Friday 27 November 2015

Tiada hari tanpa main game anak tk bersama Kindergarten-2. . . . .



Memulai circle time dan belajar dikte dalam bahasa Indonesia


Di selasa pagi yang cerah ini saya datang ke sekolah tempat belajar anak tk Pakuan  pukul 07.30 wib. Setelah saya datang tidak lama datanglah Cheesya datang, Cheesya itu adalah murid pertama yang datang ke sekolah hari ini.

Saya pun membuka jendela, merapihkan kursi dan meja sebelum pelajaran untuk anak tk di mulai.
Lalu hampir pukul 08.00 wib murid-murid pun berdatangan dan kami pun langsung memulai circle time. Maam Anne bertanya kepada murid-murid disaat circle time mulai “Who is brave enough to accompany me in the front?” dan hanya Sabrina  yang mengacung kan tangannya. Belajar bahasa Inggris untuk anak tk. Horeeeee Sabrina is brave, pintar ber bahasa Inggris untuk anak seusianya , dan akhirnya Sabrina pun berbaris di depan sebelah Maam Anne mendampingi sampai circle time pun usai.

Jam pun menunjukkan pukul 08.35 wib lalu kita pun bersiap-siap untuk memasuki kelas kita masing-masing untuk menerima pelajaran anak – anak tk, tetapi Maam Anne memilih dulu kelas mana yang bisa duduk rapi sebagai cara belajar anak tk untuk tertib????

Dan akhirnya Maam Anne pun memilih  Playgroup dan Toddler terlebih dahulu, walaupun mereka masih sangat kecil tetapi mereka bisa duduk dengan rapih dan tidak mengobrol dengan temannya....cara mendidik anak yang baik. GoodJob kalian nak!

Dan akhirnya kita pun sudah memasuki kelas kita masing-masing dan siap untuk belajar bahasa  Inggris untuk anak didik kami yang pintar dan cerdas.  Are you ready to study K-2’s students? Apakah kalian siap belajar pelajaran bahasa Inggris?........... Pasti siap dong soalnya kita akan havefun di kelas dengan materi belajar anak tk.. kami pun siap-siap untuk berdo’a dan yang pimpin do’a hari ini adalah saya sendiri.

Sesudah berdo’a saya pun mengabsent murid-murid jadi saya pun tahu siapa saja murid yang tidak masuk dan murid yang masuk, terus kami pun langsung menyanyi sebuah lagu anak bahasa Inggris ...... “Days of the week” bersama-sama, sesudah semua selesai baru lah kami memulai belajar dengan pelajaran bahasa Inggris untuk anak.

Pelajaran K-2 hari ini adalah Indonesian, Math, and Science. Kami pun belajar tentang “dikte” hayoo pasti tau dong apa itu dikte?????? Saya pun selalu memisahkan tempat duduk jika kami akan mengerjakan soal tentang Indonesian, Reading English, and Math.

Hanya 5 soal dalam dikte tersebut. Hanya beberapa murid yang masih perlu di bimbing dalam soal dikte pelajaran bahasa Inggris untuk anak – anak, seperti Justine I, Aldi, dan Suheram, sebenarnya mereka itu bisa tetapi mereka belum bisa dengan kalimat materi bahasa Inggris yang panjang.

Sesudah kami selesai dikte lalu murid-murid pun maju ke depan meja saya untuk membacanya dan saya pun memberi mereka nilai dalam cara belajar membaca bahasa Inggris untuk anak – anak ini. 

Bagi murid yang masih perlu di bimbing dalam cara belajar membaca bahasa Inggris , saya ulang lagi kata yang salah dan mereka harus membenarkannya hingga selesai. Yang sudah selesai dalam belajar membaca murid - murid di persilahkan untuk cuci tangan karena kami pun agar segera makan.

Karena yang selesai pertama adalah Cheesya jadi murid-murid yang selesai selanjutnya berbaris di belakang Cheesya, begitu pun setelah cuci tangan barisan pun harus seperti semula lagi tidak boleh ada yang keluar dari barisan sebagai cara mendidik anak tk agar belajar disiplin .

Lalu kami pun berdo’a bersama sebelum makan dan yang pimpin do’a-nya masih saya. Menu hari ini adalah Soup ayam dan sosis gulung mie hmmmm yummy dong pastinya untuk perkembangan anak????? Sampai anak-anak pun banyak yang nambah sosis gulung mie itu dan memintanya kepada OB.

Anak-anak yang sudah selesai makan diperbolehkan untuk main bersama saya agar perkembangan anak-anak normal,........... hari ini kami main lomba balapan kuda. Jadi kita akan punya  game untuk anak  yaitu 4 permainan kuda, nanti anak-anak bergantian menaiki kuda itu dan sisanya nanti akan di lombakan lagi hingga 1 orang saja yang menang…..

Belum juga lama kami bermain game untuk anak – anak,  tetapi bel pun sudah berbunyi itu tandanya jam istiahat pun telah selesai lalu kita pun kembali ke kelas masing-masing untuk mengikuti pelajaran untuk anak tk selanjutnya.

baca juga; 

No comments:

Post a Comment