Tuesday 24 November 2015

Math ? Bukan pelajaran yang rumit koq…….



Serunya permainan dalam pelajaran anak tk


artikel pendidikan anak aplikasi belajar alquran metode belajar alquran
Maam Dayana, guru K2
Hello guys tidak kerasa ya sekarang udah hari kamis lagi aja hmmmm cepat sekali, seperti biasanya yang mimpin circle time itu saya sendiri. Kalian tidak pada bosan kan kalau saya yang pimpin? Mengajar pelajaran anak tk. Tidak dong yah pastinya ……..

Circle time pun dimulai selama 30 menit. Kita bernyanyi, menari bersama-sama dan bermain game “tutut train” jadi tutut train itu guru-guru berdiri dan membuat seperti tiang dan anak-anak harus lewat kolong bawah dari tangan guru-guru mereka. Itulah permainan anak tk yang sering dimainkan .
         
Jam pun menunjukkan pukul 08.30 itu artinya saatnya kita memulai belajar mengajar yipiiii ………
         

Riang nya anak tk belajar math


Pelajaran pertama pun dimulai yaitu Math, tau tidak kami belajar tentang apa? Tentang “long and short” kami mengulang lagi pelajaran kemarin supaya anak-anak benar-benar mengerti dan paham bedanya long and short.
         
Kami bermain game lagi lohhh guys, jadi itu nanti anak-anak harus mencari benda-benda yang sudah saya buat dan saya sembunyikan dikelas, sesudah itu mereka harus menempelnya dikolom yang benar dan menulis cara pengejaan “pen”, “pencil” dll.
         
Mereka pun mencarinya dengan terburu-buru karena takut temannya yang mengambil duluan , dasar yahh anak-anak ada-ada aja .
         

Dengan game beginilah cara belajar membaca anak tk


Pelajaran kedua pun yaitu Reading English kami masih belajar tentang “Short O” Cuma bedanya saya beri mereka gambar dan anak-anak harus menebaknya tapi ada kata bantunya juga koq jadi tidak susah juga.
         
Jadi begini “Ron got his ……..” nanti mereka harus menebaknya lewat gambar itu kalau mereka sudah tau dan benar lalu mereka boleh deh menulisnya dibuku mereka masing-masing. Seru loh guy kami tertawa bersama seperti tidak ada beban.
         
Kami belum semua mengerjakan soal itu dan jam pun sudah pukul 10.00 wib itu tandanya saatnya kita makan yipiiiiii anak-anak pun mencuci tangan, mengambil botol minuman masing-masing, dan berdoa bersama-sama.
         
Menu hari ini itu adalah nasi goring digulung oleh telur goreng, dan makanan penutupnya jelly coklat hmmm enak dong pastinya?

Sesudah makan mereka pun diperbolehkan main dan kami pun main mengumpulkan bola sesuai dengan warnanya dan ditaruh di seluncuran, jadi kalau ada anak yang mau meluncur dia meluncur barengan dengan bola-bola itu.
         
Bell pun berbunyi yaahhh itu tandanya waktu main sudah selesai hmmm -_- kita pun memasuki kelas masing-masing.

Belajar bahasa Inggris untuk anak tk


K-2  pun melanjutkan pelajaran yang tadi untung tinggal 4 nomer lagi jadi tidak lama paling 15 menit juga selesai. Setelah kami selesai kami pun melanjutkan pelajaran terakhir yaitu superkids 2, kami pun melanjuti pelajaran yang kemarin tentang “these are and those are” tapi hari ini saya ingin anak-anak bukan hanya tau tapi bisa mengucapkannya.

Saya pun membuat flashcard dan saya tanya satu  persatu “what are these?” dan mereka harus bisa menjawabnya “ these are balloons”, begitu pun tentang “those are”.
         
Lalu kami pun mauk ke buku superkids 2, kami mendengarkan, menunjuk, mengulang kalimat-kalimat yang cd player ucapkan. Sesudah itu barulah kami mengerjakan soal yang berhubungan dengan “these are and those are”.
         
Tidak terasa waktu pun menunjukan pukul 12.00 saatnya kami untuk pulang, kami pun bergegas untuk membereskan semua buku dan pencils kami masing-masing, dan lalu kami pun berdoa bersama-sama yang dipimpin oleh Charlene.
         

No comments:

Post a Comment