Wednesday 9 December 2015

Belajar sambil bermain mengatasi jenuh belajar anak – anak tk



Di suatu pagi di sebuah sekolah tk di Bogor selatan

mendidik anak sejak dalam kandungan  pengertian mendidik anak  mendidik anak laki laki
Di tengah perjalanan saya dan Maam Erlin bertemu dengan Cheesya, tetapi Cheesya di antar oleh ayahnya naik motor. Sesampainya di sekolah tk kami di James Pakuan School saya dan Maam Erlin menyapa Cheesya.

Cheesya dan saya simpan tas sekolah anak perempuan nya bersama-sama di kelas, sesudah Cheesya menyimpan tas sekolah anak milik nya, Cheesya segera bermain di luar kelas sambil menunggu teman-temannya yang datang. Kalau saya langsung membereskan meja-meja, tas – tas sekolah anak –anak papan tulis, dan membuka jendela kelas biar udara segar masuk ke dalam kelas.

Hari ini Maam Intan sudah masuk ke sekolah hmmmm Alhamdulillah Maam Intan sudah sembuh dari sakitnya. Jadi sekarang yang pimpin circle time tetap Maam Intan. Bel pun berbunyi saya dan anak-anak langsung memasuki barisan untuk melakukan circle time.

Di James Pakuan masih mati lampu jadi kita tidak menyanyi dan menari lagi seperti kemarin tetapi kita bermain game anak - anak, Maam Intan memanggil 3 murid-murid maju ke depan, tapi Maam Intan sudah menyiapkan kuda-kudaan, balls, dan bucket.

Jadi itu nanti anak-anak harus mengambil bola dalam game bola ini sambil menaiki kuda-kudaan lalu mereka harus memasukan bola itu ke dalam bucket satu persatu. Game bola kali ini bukan permainan anak laki-laki saja . Setelah semua mendapat gilirannya lalu Maam Intan melombakan lagi murid mana saja yang tadi menang jadi hanya ada satu orang saja yang jadi juaranya. Juaranya itu adalah Aldi dalam game bola kali ini, Aldi memasukan 5 bola ke dalam bucketnya.

Sesudah bermain game anak itu lalu kita pun masuk ke kelas masing-masing dan siap untuk belajar sambil bermain.

Pelajaran Kindergarten-2  hari ini adalah Math, Superkids 2 and Reading English. Minggu ini masih review week, pelajaran pertama itu adalah Math.

Kami bermain game anak-anak lagi di kelas juga, jadi itu game anak-anak nya seperti ini. Saya sudah tempel beberapa angka 1 sampai angka 5 di tembok dan murid-murid harus mencari angka yang saya ucapkan sesudah itu murid-murid harus menempelnya di papan tulis dan menulis spelling dari angka tersebut “5=Five”. Anak-anak yang bisa menulisnya dengan tepat saya beri bintang 2 di tangan mereka masing-masing.

Saya memilih 3 orang-orang untuk bermain game anak-anak ini, belum juga semua murid bermain permainan ini eh jam sudah menunjukkan pukul 10.00 wib itu tandanya waktu makan telah tiba. Kami pun segera berbaris rapih dan bersiap-siap untuk mencuci tangan, setelah usai semuanya baru kami berdoa bersama-sama sebelum makan. Menu hari ini adalah chicken katsu hmmm yummy kan menu di hari ini??????? Happy eating everyone.

Sesudah mereka habis makannya baru lah mereka boleh main diluar kelas bersama-sama teman-teman yang dari kelas Kindergarten-1, Playgroup and Toddler. Seperti biasanya mereka bermain kejar-kejaran, masak-masakan dan banyak lagi.

Bel pun berbunyi dan kita pun memasuki kelas masing-masing. Anak-anak kelas Kindergarten-2 melanjukan permainan game anak-anak yang tadi  sampai semua anak mendapatkan giliran. Ada juga murid yang cepat sekali mengeja tentang nomer-nomernya dan ada juga murid yang lama mengeja nomor teserbut. Itu salah satu game yang mendidik.

Game yang mendidik belajar menulis dan membaca dalam bahasa Inggris

Jam Math pun telah usai jadi kami melanjutkan pelajaran selanjutnya yaitu belajar membaca anak tk Reading English, kami mengulang pelajaran tentang short “I” saya tulis kata-kata yang berhubungan dengan short “I” dan anak-anak menulisnya lagi di buku tulis mereka masing-masing, tetapi mereka harus menulisnya dengan rapih, tidak besar-besar dan tidak keluar garis dari buku.
Yang sudah menulisnya anak-anak boleh membaca terlebih dahulu dan maju ke depan meja saya, Cherish anak cerdas itu selalu pertama beres dalam menulis dan Cherish juga anak cerdas yang sangat cekatan dalam menulis dan tulisan Cherish juga sangat rapih padahal baru TK-B loh wiiiiiihhhh keren kamu nak……

Kami tetap belajar pelajaran bahasa English tetapi sekarang kami belajar tentang Superkids 2, kami mengulang pelajaran bahasa Inggris tentang “These/Those are” and “Rooms at home”.

Kami selalu bermain game anak – anak dalam pelajaran bahasa Inggris supaya anak-anak cepat mengerti dan cepat mengetahuinya.

Game anak itu seperti ini saya simpan flashcard tentang rooms at home di sekitar kelas lalu saya menyebutkan tentang clue gambar tersebut sesudah mereka tahu jawabannya , mereka langsung mencarinya dan langsung menempelnya di papan tulis.

Game anak ini termasuk game rebutan, bila murid itu menemukannya lebih awal berarti dia pemenangnya dan saya akan beri 1 bintang.
Ketika kami  asik bermain ternyata jam sudah menunjukkan pukul 12.00 sudah waktunya kami untuk pulang. Kami pun langsung membereskan semua kertas yang berserakan dan mengambil tas kami masing-masing. Sesudah semuanya rapih kami pun langsung berdo’a dan siap untuk pulang yipiiiiiiii It’s time to go home…….

No comments:

Post a Comment