Tuesday 8 December 2015

Beberapa point dalam cara mendidik anak yang baik



Membimbing permainan anak usia dini di sekolah


cara mendidik anak umur 3 tahun  cara mendidik anak dengan baik  mendidik anak usia 1 tahun
Di hari rabu yang cerah ini, dengan penuh semangat,saya dan Maam Widya datang ke Pakuan bersama. Aku merasa senang ketika bertemu Maam Widya dan kita bertemu di jalan komplek depan dan Maam Widya pun mengajak saya untuk berangkat bareng ke James Pakuan School. Kami pun datang pukul 07.35 wib, di sekolah pun belum ada siapa-siapa baru ada OB saja.

Kita pun menyimpan barang-barang kita masing-masing di kelas, tidak lama Pa.Koko dan Maam Anne pun datang dan murid-murid yang biasa datang pagi pun telah datang seperti Cheesya, Berwyn.

Hari ini Sabrina tidak masuk sekolah karena Sabrina akan pergi ke Cirebon hmmm kayanya di kelas nanti tidak ada yang berani pimpin do’a lagi, tapi tidak apa-apa nanti juga Sabrina akan kembali ke sekolah setelah liburan nanti.

Pagi-pagi di sini sudah mati lampu saja hmm sedih.. dirumah kalian pada mati lampu tidak????? Di James Pakuan School mati lampu nih jadi kita tidak bisa bernyanyi dan menari menggunakan cd player.

Bel pun berbunyi jadi kami segera memasuki barisan kita masing-masing, harusnya yang pimpin circle time itu Maam Intan tetapi Maam Intan tidak masuk karena sakit hmmm lekas sembuh yah Maam Intan..

Jadi saya yang menggantikan Maam Intan untuk sementara waktu ini. Karena sedang black out(mati lampu) jadi saya ganti tidak menari dan bernyanyi lagi tetapi bermain permainan untuk anak usia dini. Murid-murid pun senang bila bermain game permainan anak usia dini ini dan game ini saya nama kan kids games, kenapa saya nama kan kids games??? Karena game ini bukan hanya untuk kelas Kindergarten-2 saja tetapi semua kelas juga boleh mengikuti game untuk anak ini.

Saya sudah siapkan bola yang besar, bola yang kecil, benda-benda yang termasuk tall(tinggi) sama short(pendek). Nanti mereka harus memasukan bola yang besar dan benda yang tinggi ke dalam bucket yang berwarna ungu dan juga mereka harus memasukan bola yang kecil dan benda yang kecil ke dalam bucket yang berwarna hijau.

Ketika mereka mulai bermain saya dan anak-anak maupun guru-gurunya tidak memberitahu harus di simpan di bucket yang berwarna hijau atau hijau. Karena saya sudah menjelaskan kepada mereka berulang-ulang, bermain pemainan ini pun bergantian dan 3 orang.

Permainan ini pun hanya sampai jam 08.30 saja karena hanya mengganti waktu menari dan bernyanyi saja.

Sesudah bermain game permainan untuk anak usia dini , kita pun kembali ke kelas masing-masing dan siap untuk belajar hmmm belajar apa main game lagi yaahhhh???????? Baca saja yah kelanjutnya…

Tugas guru agama Islam mendidik anak secara Islami


 Anak-anak pun memasuki kelas masing-masing, bagi yang agamanya Islam masuk ke kelas K-2 dan bagi yang agamanya non-islam masuk  ke kelas Playgroup. Pelajaran di hari rabu ini adalah Religion, Superkids 2 and Reading English.

Saya sebagai guru agama Islam hari ini akan mendidik anak menurut Islam dan menonton film tentang “Sholat” tetapi sebelum menonton film-nya saya menjelaskan dulu “Apa itu sholat?” “Ada berapa raka’at sholat dalam sehari?” “Apa saja yang kita pakai kalau mau sholat? Bagi yang anak perempuan maupun anak laki-laki” dan banyak lagi.

Mereka pun bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan dari saya itu walaupun bagi yang anak Playgroup dan K-1 masih belum bisa jawab  yang penting mereka tahu dan mendengarkan pertanyaan beserta jawabannya dan kami tetap mencoba mendidik anak usia 3 tahun kebawah dengan sabar.

Sesudah saya beri pertanyaan-pertanyaan itu baru lah kami menonton film itu, di dalam film itu ada nyanyian tentang sholat-nya juga loh dan kami pun bernyanyi bersama-sama walaupun pertamanya kami tidak hafal awalnya bagaimana mendidik anak menurut Islam.

Pelajaran Agama hanya 1 jam dan sesudah itu kami pun kembali ke kelas masing-masing untuk melanjutkan pelajaran yang kedua hmmmmm kami siap untuk belajar sambil bermain di kelas…

Kami ajarkan belajar membaca anak TK menggunakan bahasa Inggris untuk anak


Pelajaran kedua di kelas Kindergarten-2 adalah Reading English bahasa Inggris untuk anak, kami mengulang kata short “a” dan short “e”. saya tulis kata-kata itu di papan tulis dan mereka harus menulisnya di buku pelajaran anak tk mereka masing-masing tetapi walaupun ini bukan pelajaran Indonesian dan agar cara mendidik anak jadi baik mereka harus menulisnya dengan rapih dan tidak boleh besar-besar tulisannya.

Yang sudah selesai menulisnya mereka boleh maju ke depan meja saya dan mulai membacanya satu persatu hingga selesai, ada juga murid yang cepat sekali membacanya seperti Cherish, Cheesya, Berwyn, Matthew, Charlene dan banyak lagi yang sudah pintar dalam belajar membaca untuk anak tk.

Dan ada juga yang masih perlu di bantu untuk membacanya tetapi hanya 4 murid saja yang harus masih di bantu, tidak apa-apa dengan seiringnya waktu pasti mereka akan bisa dengan sendirinya . Semangat kalian anak – anak cerdas kesayangannya Maam Dayana.

Sesudah mereka membacanya semua kami pun segera bersiap-siap untuk makan yipiiiiiiiii we were hungry…… saya tidak memilih group yang bisa duduk rapih tapi saya menunjuk murid yang tadi tulisannya rapih dan membaca di urutan pertama, saya pun memilih Cherish karena Cherish yang duluan selesai dalam pelajaran menulis dan belajar membaca anak tk nya.

Akhirnya mereka pun berbaris di belakang Cherish dan berbaris untuk cuci tangan. Menu hari ini adalah kentang ati di kecapin dan telur puyuh hmmmm menurut kalian enak tidak???? Enak dong pastinya anak-anak saja pada habis makannya sampai bersih lagi piringnya wiiiiihhhhh hebat kalian nak~

Karena mereka sudah kenyang mereka pun boleh bermain, mereka bermain permainan anak usia dini bersama-sama dengan semua kelas. Saya senang sekali ketika mereka sudah mulai bermain permainan anak usia dini terlihat sekali muka senang dari raut wajah mereka masing-masing.

Sesudah itu bel pun berbunyi dan kita pun memasuki kelas masing-masing dan Kindergarden-2 belajar tentang pelajaran bahasa Inggris untuk anak Superkids 2, kami mengulang tentang Feelings dan Weather. Saya simpan semua flashcard yang berhubungan dengan feelings dan weather dan mereka harus mencari flashcard yang saya sebutkan, yang mendapatkan flashcard itu pertama saya beri 2 bintang di tangan. Pemenangnya pun adalah Berwyn mendapatkan 6 bintang dalam pelajaran bahasa Inggris untuk anak kali ini.

Kami hanya bermain setengah jam saja karena waktunya pun tidak cukup, sesudah bermain game bahasa Inggris untuk anak itu kami pun bersiap-siap untuk pulang dan membereskan buku-buku, pensil-pensil dan ambil tas mereka masing-masing.
See you tomorrow~

baca juga; 




No comments:

Post a Comment