Sunday 6 December 2015

Gembira tiap hari dengan Kindergarten Game

Senam pagi preschool activities di James Pakuan School


translate inggris indonesia  translate indonesia inggris  kamus indonesia inggris  kamus bahasa inggris
Di hari selasa pagi ini dengan cuaca yang cerah saya datang selalu jam 07.36 wib dan selalu belum ada murid yang datang. Guru-gurunya kindergarten teacher pun baru ada Maam Widya, Maam Anne, Pa Koko dan saya sendiri, saya mengecek kelas sekalian sambil simpan tas. Saya membereskan meja-meja, kursi-kursi dan membuka jendela juga menyiapkan worksheet for kids.

Tidak lama Cheesya dan Sabrina datang berbarengan, mereka pun bermain bersama di playground sekolah. Seiring mereka bermain di playground murid-murid yang lain pun berdatangan dan semakin ramai, tidak lama mereka bemain bersama bel pun berbunyi dan kita semua pun segera berbaris di barisan.

Minggu ini tetap Maam Intan yang pimpin circle time free learning game lalu Maam Intan pun bertanya “Who’s brave enough to accompany me in the front?” seperti Sabrina minggu lalu, akhirnya Suheram yang mengacungkan tangannya. Suheram pun menemani Maam Intan pimpin circle time dan juga senam.

kamus bahasa inggris indonesia  translate indonesia ke inggris
Setelah selesai kita melakukan circle time kita pun kembali ke kelas masing-masing dan saya bersiap untuk teaching kindergarten 2 di kelas. Hari ini Kindergarten-2 me-review tentang Indonesian, Math and Science. Indonesian membahas tentang “Knowing the instruction (Salinlah dengan rapih), disini saya suruh anak-anak untuk baris di depan meja menyiapkan math worksheets nya saya lalu saya tulis satu nomer satu nomer.

Mereka harus menulis dengan sangat rapih tidak boleh besar-besar tulisannya, tidak boleh keluar garis tulisannya dan tidak boleh terlalu kecil juga. Ada beberapa murid yang saya suruh menulis ulang karena tulisannya masih ada yang besar-besar dan tidak rapih.
Saya hanya menulis 5 kalimat saja tetapi walaupun 5 kalimat saja itu membutuhkan waktu yang lama loh guys hmmm tidak apa-apa yang penting tulisan anak-anak K-2 rapih dan bagus. Sesudah mengerjakan itu semua kami bermain game terlebih dahulu, kindergarten game  supaya tidak terlalu pusing dan pasti anak-anak juga senang.

Menyusun kata (dikte), activities for kindergarten

Jadi saya sudah sediakan beberapa kata di kertas yang sudah saya sobek lalu saya bagikan kepada masing-masing group dan masing-masing group harus menyusun kata itu sesuai sama apa yang saya ucapkan, memainkan kindergarten spelling words

Saya pun bilang susunlah “Ibu Sedang Masak”, mereka pun harus mencari kata ibu terlebih dahulu lalu kata sedang dan terakhir kata masak.

kursus bahasa inggris  belajar bahasa inggris online  grammar bahasa inggris
Karena kami pun ke asikan bermain kindergarten spelling words, kami tidak sadar bahwa jam sudah menunjukkan pukul 10.00. kami pun segera membereskan kertas-kertas itu terlebih dahulu lalu di simpan di tengah-tengah meja karena sesudah makan kami akan bermain permain game itu lagi.

Mereka pun mencuci tangan mereka masing-masing tetapi saya memilih satu orang yang benar-benar bisa duduk rapih dan tidak banyak mengobrol dengan temannya, saya pun memilih Sabrina karena Sabrina itu bisa duduk rapih dan tidak mengobrol saja dengan temannya.

Dan akhirnya semua murid K-2 berbaris dibelakang Sabrina untuk mencuci tangan, kami pun mulai berdoa dan siap untuk menyantap makanan hari ini.

Menu hari ini adalah brocoli campur keju dan prekedel tahu hmmm menurut saya sih brocoli di campur keju itu tidak enak tapi sebagian murid K-2 ada yang habis makannya dan juga yang tidak.

Karena mereka juga sama seperti saya tidak suka brocoli campur keju. Yang selesai makan mereka boleh bermain tetapi biasanya Kindergarten-2 itu kalau temannya belum selesai makan mereka suka menunggu di kelas jadi mereka bisa keluar dan bermain bersama-sama, kompak sekali kalian nak….

Mereka pun asik bermain kejar-kejaran, petak umpet dan masak-masakan free educational game. Ketika mereka ke asikan bermain eh bel pun berbunyi dan kita pun membereskan mainan-mainannya dan siap untuk belajar dan bersenang-senang lagi di kelas.

kursus bahasa inggris online  belajar bahasa inggris online gratis
Dan kami pun melanjutkan permainan yang tadi sempat tertunda, anak-anak pun senang sekali sudah dari tadi mereka sudah bermain dengan temannya di jam istirahat dan sekarang bermain lagi dikelas.

Permainan ini sih bisa dibilang seperti dikte. Lagi-lagi Charlene’s group pun menang dengan mendapatkan 5 bintang, kedua adalah Cheesya’s group mendapatkan 3 bintang dan ketiga yaitu Aldi’s group 2 bintang. Seperti biasa group yang menang saya kasih mereka 1 bintang di tangan mereka masing-masing.

Eksperimen benda-benda tenggelam dan mengapung kindergarten science projects.


Lanjut lah ke pelajaran selanjutnya yaitu Science for kids, kami mengulang tentang “Sink and Float” saya membawa ember bening dari dapur dengan di isi air dan saya juga sudah siapkan benda-benda apa saja yang termasuk ke dalam sink atau float.


Sebelum kami mulai eksperimen  activities for kindergarten saya tanya dulu satu-satu benda apa ini sampai benda tersebut habis, sesudah saya tanya tentang benda saya tanya lagi kalau batu itu termasuk ke dalam sink atau float? Anak-anak pun ada yang jawab sink dan ada juga yang jawab float dari pada bingung mana yang benar atau mana yang salah kita buktikan dengan melempar batu itu ke dalam ember itu, ternyata batu itu adalah sink(tenggelam).

Saya meng-eksperimen 6 benda yaitu batu, daun, pensil, penghapus, koin, dan kunci. Ternyata 2 benda termasuk float (mengapung) yaitu pensil dan daun, 4 benda termasuk sink(tenggelam) yaitu batut, penghapus, koin dan kunci.

Sesudah mereka tahu semua benda-benda mana yang termasuk sink dan float baru lah mereka boleh mencatat di buku mereka masing-masing.

Usai sudah mereka mencatat baru lah mereka boleh membereskan buku-buku mereka dan memakai tas mereka segera bersiap-siap untuk pulang.
See you tomorrow guys~




No comments:

Post a Comment