Senam pagi preschool activities di James Pakuan School
Di hari selasa pagi ini dengan
cuaca yang cerah saya datang
selalu jam 07.36 wib dan selalu belum ada murid yang datang. Guru-gurunya kindergarten teacher
pun baru ada Maam Widya, Maam Anne, Pa Koko
dan saya sendiri, saya mengecek kelas sekalian sambil simpan tas. Saya
membereskan meja-meja, kursi-kursi dan membuka jendela juga menyiapkan worksheet
for kids.
Tidak lama Cheesya dan Sabrina
datang berbarengan, mereka pun bermain bersama di playground sekolah. Seiring
mereka bermain di playground murid-murid yang lain pun berdatangan dan semakin
ramai, tidak lama mereka bemain bersama bel pun berbunyi dan kita semua pun
segera berbaris di barisan.
Minggu ini tetap Maam Intan yang
pimpin circle time free learning game lalu
Maam Intan pun bertanya “Who’s brave enough to accompany me in the front?”
seperti Sabrina minggu lalu, akhirnya Suheram yang mengacungkan tangannya.
Suheram pun menemani Maam Intan pimpin circle time dan juga senam.
Setelah selesai kita melakukan
circle time kita pun kembali ke kelas masing-masing dan saya bersiap untuk teaching
kindergarten 2
di kelas. Hari ini Kindergarten-2
me-review tentang Indonesian, Math and Science. Indonesian membahas tentang
“Knowing the instruction (Salinlah dengan rapih), disini saya suruh anak-anak
untuk baris di depan meja menyiapkan math worksheets nya
saya lalu saya tulis satu nomer satu nomer.
Mereka harus menulis dengan sangat
rapih tidak boleh besar-besar tulisannya, tidak boleh keluar garis tulisannya
dan tidak boleh terlalu kecil juga. Ada beberapa murid yang saya suruh menulis
ulang karena tulisannya masih ada yang besar-besar dan tidak rapih.
Saya hanya menulis 5 kalimat saja
tetapi walaupun 5 kalimat saja itu membutuhkan waktu yang lama loh guys hmmm
tidak apa-apa yang penting tulisan anak-anak K-2 rapih dan bagus. Sesudah
mengerjakan itu semua kami bermain game terlebih dahulu, kindergarten
game supaya tidak terlalu pusing dan pasti
anak-anak juga senang.
Menyusun kata
(dikte), activities for kindergarten
Jadi saya sudah sediakan beberapa
kata di kertas yang sudah saya sobek lalu saya bagikan kepada masing-masing
group dan masing-masing group harus menyusun kata itu sesuai sama apa yang saya
ucapkan, memainkan kindergarten
spelling words
Saya pun bilang susunlah “Ibu
Sedang Masak”, mereka pun harus mencari kata ibu terlebih dahulu lalu kata
sedang dan terakhir
kata masak.
Karena kami pun ke asikan bermain kindergarten spelling words,
kami tidak sadar bahwa jam sudah menunjukkan pukul 10.00. kami pun segera
membereskan kertas-kertas itu terlebih dahulu lalu di simpan di tengah-tengah
meja karena sesudah makan kami akan bermain permain game itu lagi.
Mereka pun mencuci tangan mereka masing-masing
tetapi saya memilih satu orang yang benar-benar bisa duduk rapih dan tidak
banyak mengobrol dengan temannya, saya pun memilih Sabrina karena Sabrina itu
bisa duduk rapih dan tidak mengobrol saja dengan temannya.
Dan akhirnya semua murid K-2
berbaris dibelakang Sabrina untuk mencuci tangan, kami pun mulai berdoa dan
siap untuk menyantap makanan hari ini.
Menu hari ini adalah brocoli campur
keju dan prekedel tahu hmmm menurut saya sih brocoli di campur keju itu tidak
enak tapi sebagian murid K-2 ada yang habis makannya dan juga yang tidak.
Karena mereka juga sama seperti
saya tidak suka brocoli campur keju. Yang selesai makan mereka boleh bermain
tetapi biasanya Kindergarten-2
itu kalau temannya belum selesai makan mereka suka menunggu di kelas jadi
mereka bisa keluar dan bermain bersama-sama, kompak sekali kalian nak….
Mereka pun asik bermain
kejar-kejaran, petak umpet dan masak-masakan
free educational game. Ketika mereka ke
asikan bermain eh bel pun berbunyi dan kita pun membereskan mainan-mainannya
dan siap untuk belajar dan bersenang-senang lagi di kelas.
Dan kami pun melanjutkan permainan
yang tadi sempat tertunda, anak-anak pun senang sekali sudah dari tadi mereka sudah
bermain dengan temannya di jam istirahat dan sekarang bermain lagi dikelas.
Permainan ini sih bisa dibilang
seperti dikte. Lagi-lagi Charlene’s group pun menang dengan mendapatkan 5
bintang, kedua adalah Cheesya’s group mendapatkan 3 bintang dan ketiga yaitu
Aldi’s group 2 bintang. Seperti biasa group yang menang saya kasih mereka 1
bintang di tangan mereka masing-masing.
Eksperimen
benda-benda tenggelam dan mengapung kindergarten science projects.
Lanjut lah ke pelajaran selanjutnya
yaitu Science for kids,
kami mengulang tentang “Sink and Float” saya membawa ember bening dari dapur
dengan di isi air dan saya juga sudah siapkan benda-benda apa saja yang
termasuk ke dalam sink atau float.
|
Sebelum kami mulai eksperimen activities for kindergarten saya tanya dulu satu-satu
benda apa ini sampai benda tersebut habis, sesudah saya tanya tentang benda
saya tanya lagi kalau batu itu termasuk ke dalam sink atau float? Anak-anak pun
ada yang jawab sink dan ada juga yang jawab float dari pada bingung mana yang
benar atau mana yang salah kita buktikan dengan melempar batu itu ke dalam
ember itu, ternyata batu itu adalah sink(tenggelam).
Saya meng-eksperimen 6 benda yaitu
batu, daun, pensil, penghapus, koin, dan kunci. Ternyata 2 benda termasuk float
(mengapung) yaitu pensil dan daun, 4 benda termasuk sink(tenggelam) yaitu
batut, penghapus, koin dan kunci.
Sesudah mereka tahu semua
benda-benda mana yang termasuk sink dan float baru lah mereka boleh mencatat di
buku mereka masing-masing.
Usai sudah mereka mencatat baru lah
mereka boleh membereskan buku-buku mereka dan memakai tas mereka segera
bersiap-siap untuk pulang.
See you tomorrow guys~
No comments:
Post a Comment