Sunday 14 June 2015

TK Berbahasa Inggris di Bogor, Sulitkah untuk Anak-Anak Usia Dini?

James Pakuan School, tk berbahasa Inggris di Bogor


Cukup banyak orang tua yang menanyakan tentang kapasitas anak usia dini untuk mulai belajar bahasa asing, khususnya Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional. 

Mereka sanksi dengan efektivitas pembelajaran Bahasa Inggris yang diberikan pada anak-anak usia dini. Padahal usia dini adalah usia di mana anak sedang mengalami tumbuh kembang yang sangat baik. 

Selagi sedang mengalami masa ini, tak ada salahnya untuk mengajarkan banyak hal yang sesuai dengan kapasitasnya. Sebut saja salah satunya adalah pengajaran bahasa asing seperti Bahasa Inggris.
Pada dasarnya seorang anak usia dini akan cepat menangkap semua hal yang ada di sekitarnya. Terlebih lagi jika hal tersebut sudah melekat menjadi kebiasaan. Misalnya saja seorang anak TK yang pandai berbicara dalam bahasa Bali karena memang lingkungannya menggunakan bahasa Bali. Demikian juga dengan Bahasa Inggris.
Bahasa Inggris dalam lingkungan sekolah TK berbahasa Inggris di Bogor hanya diberikan dalam kapasitas ringan. Maksudnya adalah segala hal baik materi maupun aktivitas yang melibatkan penggunaan Bahasa Inggris di lingkungan TK tidak dimaksudkan untuk melatih kefasihan Bahasa Inggris anak, melainkan untuk menumbuhkan rasa senang dan cinta anak terhadap Bahasa Inggris

link;


Dengan rasa cinta yang sudah tertanam sejak dini, ketika anak sudah mulai mendapatkan materi Bahasa Inggris di tingkat pendidikan selanjutnya, ia dipastikan akan belajar Bahasa Inggris secara optimal.
Agar Bahasa Inggris mudah diterima oleh anak-anak di lingkungan TK di Bogor, segala materi Bahasa Inggris perlu diberikan sesuai dengan pola pikir dan dunia anak-anak. Dunia anak-anak adalah dunia bermain. 
Materi Bahasa Inggris untuk para siswa TK sebaiknya diselipkan pada aktivitas bermain dan fasilitas-fasilitas permainan yang ada. Selain itu mulailah mengajak komunikasi anak dengan menggunakan bahasa Inggris yang sederhana. 

Misalnya saja dengan menyisipkan satu atau dua kosakata Bahasa Inggris ketika sedang berbicara dengan siswa di lingkungan sekolah Bahasa Inggris di Bogor Gunakan juga ungkapan-ungkapan dalam Bahasa Inggris yang masih sederhana. 
Misalnya bagaimana cara mengucap salam, terima kasih, dll dalam Bahasa Inggris. Gunakan juga metode-metode ini: story telling, sing the songs, movements, dan games. 
Pastinya dengan metode-metode ini, para siswa TK akan senang belajar Bahasa Inggris yang kemudian menguntungkan mereka saat menerima pelajaran Bahasa Inggris di lingkungan sekolah pengantar Bahasa Inggris di Bogor.

No comments:

Post a Comment