Wednesday 4 November 2015

Belajar membaca anak TK di James Pakuan School



Kami mengajarkan cara belajar membaca anak TK


pelajaran anak tk kecil pelajaran anak tk besar pelajaran anak
Hari selasa tepatnya di pagi hari, aku semangat untuk mengajar anak Kindergarten-2 kesayangan di TK Pakuan Tajur, tapi cuacanya tidak mendukung sekali karena cuaca hari ini dingin dan beberapa murid K-2 tidak masuk dikarenakan sakit.

metode belajar anak tk pelajaran bahasa inggris untuk anak anak belajar tk
Hari ini dikelas Kindergarten-2 belajar tentang Bahasa Indonesia, kita belajar membaca 4 suku kata seperti “ka ca ma ta” , “bu lu ma ta” dan banyak lagi, 

Murid-murid yang sudah pintar seperti Charlene, Berwyn,
anak anak belajar cara mengajar membaca anak tk belajar bahasa inggris untuk anak anak
Cheesya, Matthew, Sabrina, Cherish, dan Justin Rochell mereka saya suruh membaca sendiri di dalam satu meja bersamaan tetapi dengan suara yang keras, dan murid yang belum begitu lancar membacanya seperti Justine, James, Suheram, Aldi saya suruh maju ke depan dan membaca di depan saya dengan secara bergantian.

Sesudah pelajaran membaca Bahasa Indonesia untuk TK selesai, kami bergegas untuk makan, tetapi sebelum makan kita dibiasakan untuk mencuci tangan terlebih dahulu tapi biasanya saya memilih group yang bisa duduk  lebih rapih dulu, lalu mereka mencuci tangan mereka di westafel sekolah, sesudah selesai semua kita membaca do’a sebelum makan bersama sama.

Selesai makan murid-murid seperti Toddler, Playgroup, Kindergarten 1 (K-1), Kindergarten(K-2) diperbolehkan main diluar kelas tetapi murid-murid tidak boleh keluar dari lingkungan sekolah.

Tepatnya pukul 10.30 wib murid-murid memasuki kelasnya masing-masing dikarenakan akan memulai pelajaran lagi, yaitu belajar berhitung anak TK. Untuk K2 kita akan memulai pelajaran Matematika, kita belajar tentang “numbers word” seperti 8=eight, 2=two, 1=one sampai numbers 10=ten.

Saya menjelaskan lagi(review) supaya tidak lupa dan lebih mengerti lagi, sesudah saya menjelaskan saya beri mereka activity kepada mereka tentang numbers word, mereka warnai terlebih dahulu gambarnya lalu menghitung berapa banyak gambarnya dan sesudah di hitung gambarnya mereka harus menarik garis ke dalam jawaban yang benar. Demikian salah satu cara belajar berhitung anak TK.

Sesudah pelajaran math berakhir kami melanjutkan dengan pelajaran science kita belajar tentang ”bagian-bagian tubuh dari hewan dan tumbuhan yang tumbuh di tanah” sebelum mengejarkan activity saya menjelaskan bagian tubuh apa saja yang hewan miliki seperti mata, hidung, ekor, kaki, mulut dan tumbuhan apa saja yang tumbuh di tanah.

belajar bahasa inggris anak anak belajar anak anak  belajar membaca
Sesudah menjelaskan saya pun menanyakan kembali tumbuhan apa saja yang tumbuh di darat dan bagian tubuh apa saja yang hewan miliki. Sesudah mereka menjawabnya saya memberikan activity yang berhubungan dengan pelajaran yang saya jelaskan.

Setelah itu kami bergegas untuk pulang saya menyuruh murid-murid K-2 untuk clean up membereskan semuanya dan sambil menyanyikan lagu Clean Up song. 

Sebelum pulang kita selalu bero’a bersama-sama terlebih dahulu, sesudah itu saya menyuruh murid-murid untuk berbaris sehingga tetap tertib walaupum sudah mau pulang.

No comments:

Post a Comment